Humas Polstat STIS | Senin, 16 Januari 2023 08:00:00 WIB


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Dr. Margo Yuwono, S.Si., M.Si., mengukuhkan Prof. Setia Pramana, S.Si., M.Sc., Ph.D. menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Statistika di Politeknik Statistika STIS. Acara pengukuhan ini berlangsung di Auditorium Politeknik Statistika STIS pada Selasa (27/12). Sukses mengukir sejarah sebagai guru besar pertama di Politeknik Statistika STIS sejak berdirinya di tahun 1958, acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Brawijaya, Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Guru Besar dari beberapa universitas, Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Badan Pusat Statistik, Pimpinan Perguruan Tinggi Kedinasan, keluarga dari guru besar, serta tamu undangan dari berbagai instansi.

Menyambut baik momen ini, Direktur Politeknik Statistika STIS, Dr. Erni Tri Astuti, M.Math., mengucapkan selamat serta apresiasi atas capaian gemilang Prof. Setia tersebut. “Perjalanan panjang dan perjuangan meraih jenjang karir tertinggi di dunia akademik sebagai guru besar tentunya tidak mudah, diperlukan perjuangan dan usaha yang luar biasa,” ungkapnya. Tidak hanya itu, beliau juga yakin bahwa dengan dedikasi dan komitmen yang tinggi, para dosen nantinya akan segera menyusul untuk mencapai jenjang tertinggi dalam dunia akademik karena potensi besar yang mereka miliki. Hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya karya ilmiah dari para dosen yang berkolaborasi dengan dosen perguruan tinggi lain, serta para mahasiswa yang mampu memublikasikan tulisannya pada jurnal ilmiah internasional bereputasi yang bila ditotal mencapai 109 publikasi dan jurnal nasional terakreditasi sebanyak 108 publikasi.

“Semakin tinggi prestasi atau reputasi suatu perguruan tinggi, salah satu indikatornya adalah semakin banyaknya dosen yang memiliki jabatan akademik guru besar,” tambahnya.

Sebagai Guru Besar, Prof. Setia Pramana, S.Si., M.Sc., Ph.D. mengukir banyak prestasi memukau. Beliau sukses mengambil bagian dalam banyak seminar nasional, bahkan internasional. Tidak hanya itu, Beliau juga turut menjadi pembicara dalam kegiatan UN Innovative Use of Social Media for Remote Sensing and SDGs Monitoring yang diselenggarakan oleh UN Data World Forum. Bersama Wiwin Srimulyani dan Usman Bustaman, Beliau ikut serta dalam menulis jurnal internasional bereputasi pada 2022 lalu dengan judul “Developing an Online Shop Sampling Frame from Big Data”. Tulisan tersebut menjadi salah satu dari banyaknya jurnal internasional bereputasi, jurnal nasional terakreditasi, prosiding nasional dan internasional, buku, serta koran yang pernah ditulisnya.

Dalam acara ini pula, Prof. Setia memberikan orasi ilmiah bertajuk “Peran Strategis Statistika dan Sains Data dalam Pengembangan Kecerdasan Artifisial untuk Precision Medicine dan Modernisasi Official Statistics”. Beliau menjelaskan secara singkat dan padat mengenai kecerdasan artifisial serta implementasinya dalam precision medicine dan official statistics.

Tidak ketinggalan, setelah mengukuhkan Prof. Setia Pramana, S.Si., M.Sc., Ph.D. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Statistika di Politeknik Statistika STIS, Dr. Margo Yuwono, S.Si., M.Si. turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Beliau berharap hadirnya seorang profesor di lingkungan BPS dapat membawa kreativitas, inovasi, dan semangat keilmuan yang semakin kuat. “Guru besar merupakan pencapaian jabatan tertinggi seorang dosen, tetapi bukan merupakan sebuah akhir dari pencapaian karir,” ungkapnya.

Adanya pengukuhan guru besar ini diharapkan dapat menjadi motivasi bersama untuk semakin mengembangkan diri, terutama di bidang statistik, mengingat pesatnya perkembangan data saat ini. Selain itu, hadirnya guru besar juga diharapkan dapat semakin memacu serta mendukung Politeknik Statistika STIS untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

 

Photo by: Mahira Fachrunnisa Lubis

Article by: Erina Herwindalita