Humas Polstat STIS | Rabu, 02 Maret 2022 17:45:22 WIB


Politeknik Statistika STIS menerima kunjungan studi banding dari delegasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Selasa (1/3) dalam rangka pengembangan pembelajaran Program Studi Statistika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNJ. Rombongan disambut langsung oleh Direktur Politeknik Statistika STIS, Dr. Erni Tri Astuti, M.Math, beserta jajaran pimpinan.

Dalam pertemuan tersebut, rombongan yang diwakili oleh Ir. Fariani Hermin, MT menanyakan beberapa hal terkait dengan program studi dan kurikulum yang ada di Politeknik Statistika STIS, serta sistem pembimbingan skripsi, jurnal, dan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Peminatan Sistem Informasi Statistik yang ada pada Prodi D-IV Komputasi Statistik menjadi salah satu hal yang menarik bagi para delegasi. Dr. Waris Marsisno, M.Stat (Kepala Satuan Penjamin Mutu) menjelaskan bahwa salah satu kemampuan yang diharapkan untuk dimiliki oleh para lulusan ini adalah merancang sistem. Dengan demikian para mahasiswa akan dibekali dengan mata kuliah yang mendukung seperti dasar-dasar bahasa pemrograman. Selain itu skripsi yang dihasilkan oleh para mahasiswa diangkat dari real problem terutama yang ada di Politeknik Statistika STIS dan Badan Pusat Statistik (BPS). Salah satu sistem unggulan yang dihasilkan dari skripsi mahasiswa dan digunakan oleh sivitas akademika hingga saat ini adalah Sistem Informasi Terpadu (Sipadu). Sistem ini terus dikembangkan sehingga dapat mengintegrasikan berbagai aktivitas seperti alokasi dosen, jadwal perkuliahan, penilaian, hingga repositori penelitian dosen.

Terkait pertanyaan mengenai Jurnal Aplikasi Statistika dan Komputasi Statistik (ASKS) yang kini telah terindeks SINTA 2, Dr. Nasrudin, ME (Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) menjelaskan bahwa secara konsisten jurnal Politeknik Statistika STIS menerbitkan paper secara kontinu. Selain itu naskah yang masuk diseleksi secara ketat agar relevan dengan cakupan jurnal. Proses review yang sangat cermat juga dilakukan oleh para reviewer dan terdokumentasi secara lengkap di sistem jurnal. Sementara terkait dengan PKL, beliau menjelaskan bahwa PKL yang dilakukan berbeda dengan yang diterapkan oleh kampus lain pada umumnya. PKL di Politeknik Statistika STIS lebih difokuskan pada pengorganisasian suatu survei mulai dari identifikasi masalah, mendesain survei dan instrumen yang akan digunakan, pengumpulan data di lapangan, pengolahan, analisis, hingga mendiseminasikan hasil survei. Seluruh rangkaian ini dilaksanakan pada semester 5 dan 6.

Penjelasan terkait dengan proses belajar mengajar serta pembimbingan skripsi disampaikan oleh Dr. I Made Arcana, M.Sc (Ketua Program Studi D-IV Statistika). Beliau menjelaskan bahwa sistem pengajaran yang diterapkan berupa sistem paket. Mahasiswa akan dibagi ke dalam peminatan-peminatan tertentu sesuai dengan program studinya saat duduk di tingkat III. Selanjutnya dalam proses pembimbingan skripsi, diterapkan sistem monitoring dan evaluasi yang tidak hanya melibatkan mahasiswa dan dosen pembimbing, namun juga dosen pembimbing akademik dan orang tua. Dengan demikian diharapkan para mahasiswa dapat menuntaskan skripsinya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Selain melakukan diskusi, delagasi UNJ juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat di Politeknik Statistika STIS, seperti ruang dosen, ruang program studi, hingga ruang pimpinan. Studi banding ini diharapkan dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk UNJ, namun juga Politeknik Statistika STIS dengan adanya berbagai kerjasama di masa mendatang. (humas/siska)