Humas Polstat STIS | Selasa, 13 Agustus 2024 16:07:04 WIB


Sabtu, 10 Agustus 2024, menjadi momentum berharga dengan terselenggaranya Opening Ceremony Poisson Statistics Competition 2024. Acara tahunan yang digelar oleh UKM Forum Informasi dan Kajian Statistik (Forkas) bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Statistika STIS ini kembali hadir dengan semangat baru, menantang para peserta untuk mengasah kemampuan bernalar dan kreativitas mereka melalui berbagai cabang lomba yang diselenggarakan secara sehat, kritis, dan konstruktif.

Poisson Statistics Competition 2024 kali ini berhasil menarik partisipasi sebanyak 168 tim dari berbagai penjuru Indonesia dan luar negeri. Terdapat 50 tim yang siap bersaing dalam Statistics Olympiad, 29 peserta dalam cabang Statistical Infographic, dan 90 tim dalam Official Statistics Competition. Lebih jauh lagi, ajang ini menarik perhatian internasional dengan peserta dari tiga negara: Korea Selatan, Turki, dan Indonesia untuk cabang Statistical Infographics. Sementara itu, cabang Statistical Olympiad diikuti oleh 18 perguruan tinggi dan Official Statistics Challenge diikuti oleh 49 SMA dari berbagai penjuru Indonesia.

Dengan tema "Miracle: Maximizing Impactful Roles of Official Statistics for Sustainable Development Goals" Poisson 2024 bertujuan untuk memaksimalkan peran statistik resmi dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan secara global.

Tahun ini, Poisson Statistics Competition memperkenalkan dua inovasi baru yang mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Inovasi pertama adalah diperkenalkannya cabang lomba Official Statistics Competition yang terbuka bagi siswa SMA/MA sederajat. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkenalkan statistik resmi kepada generasi muda, sehingga di masa depan, mereka dapat tumbuh menjadi ahli statistik yang handal.

Inovasi kedua adalah dibukanya pendaftaran untuk mahasiswa internasional dalam cabang lomba Statistics Infographic. Langkah ini diambil untuk memperluas cakupan kegiatan sehingga dapat menjangkau mahasiswa aktif tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri. “Kami dari pimpinan dan seluruh jajaran penyelenggara pendidikan di Polstat STIS memberikan apresiasi, karena dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat memperluas dampak statistik dalam skala global kedepannya,” ungkap Yunarso Anang, Ph.D., Wakil Direktur Kemahasiswaan Politeknik Statistika STIS, dalam sambutannya.

Salah satu aspek yang membuat Poisson 2024 semakin bergengsi adalah kehadiran juri dari luar negeri. Alison Baily, International Programme Manager - Data Science Official Statistics United Kingdom, dan Veronika Vilgis Ph. D., Head of Insight Dataprovider.com, yang juga pernah menjadi Konsultan Data Science untuk Komisi PBB untuk Amerika Latin dan Karibia (ECLAC), akan berperan sebagai juri dalam kompetisi ini. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan perspektif internasional yang berharga dalam penilaian, serta memperkuat jaringan global dalam bidang statistik.

Sambutan juga disampaikan oleh Muh Farhan, selaku Plt. Ketua BEM Politeknik Statistika STIS 2023/2024, yang menyatakan apresiasinya terhadap antusiasme para peserta, baik dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri, maupun adik-adik SMA atau sederajat di Indonesia. "Saya mengapresiasi antusiasme dari teman-teman peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, baik dalam dan luar negeri, dan adik-adik SMA atau sederajat di Indonesia yang telah memeriahkan Poisson 2024 ini," ujarnya.

La Ode Rafiq Zandik, ketua pelaksana Poisson Statistics Competition 2023/2024, juga turut memberikan semangat kepada para peserta. “Saya berharap semoga Poisson Statistics Competition dapat berjalan lancar hingga akhir kegiatan, yaitu Closing Ceremony. Selamat berjuang untuk semua peserta. Sampai jumpa di kampus biru Politeknik Statistika STIS,” tutupnya.

Acara ini turut dihadiri Dr. Ribut Nurul Tri Wahyuni, SST., MSE., selaku pembina UKM Forum Informasi dan Kajian Statistik, serta Dr. Gama Putra Danu Sohibien, S.ST., M.Si, selaku dosen pendamping panitia Poisson Statistics Competition 2024.

Dengan seluruh persiapan matang dan antusiasme peserta yang tinggi, Poisson Statistics Competition 2024 diharapkan mampu menjadi ajang bergengsi yang tidak hanya mengasah kemampuan akademik, tetapi juga memperkuat peran statistik dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di masa depan.