Humas Polstat STIS | Selasa, 24 Agustus 2021 10:06:37 WIB


Politeknik Statistika STIS kembali melaksanakan prosesi Yudisium (19/08) secara daring melalui platform Zoom Meeting. Suasana haru dan bahagia menyatu menghiasi prosesi yudisium mahasiswa Program Diploma IV angkatan XXIV dan Program Diploma III angkatan XLII. Setelah menuntaskan segala proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas akhir, sebanyak 423 mahasiswa Program Diploma IV Statistika, 107 mahasiswa Program Diploma IV Komputasi Statistik, dan 70 mahasiswa Program Diploma III Statistika dinyatakan lulus berdasarkan surat keputusan Direktur Politeknik Statistika STIS No. 081819 Tahun 2021 tentang hasil ujian akhir Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2020/2021 yang dibacakan oleh Wakil Direktur I, Dr. Hardius Usman, M.Si.

Selanjutnya capaian nilai rata-rata IPK dan lulusan terbaik di semua program studi dibacakan oleh masing-masing ketua program studi. Dari total 600 mahasiswa yang lulus, terdapat beberapa lulusan dengan predikat pujian, yakni 7 lulusan dari Program Diploma III Statistika, 31 lulusan dari Program Diploma IV Statistika, dan 5 dari Program Diploma IV Komputasi Statistik. Tak hanya dari sisi akademik, terdapat pula hasil penilaian dari sisi non akademik berupa pengalaman organisasi,  kepanitiaan,  dan prestasi selama menjalani perkuliahan baik di dalam maupun di luar kampus Politeknik Statistika STIS yang dirangkum dalam lima aspek, yaitu aspek kepemimpinan, aspek kompetensi individu, aspek jiwa sosial, aspek pengembangan minat dan bakat, serta aspek kedisiplinan. Penilaian telah dirancang sedemikian rupa, sehingga dari seluruh mahasiswa tingkat akhir terdapat tiga mahasiswa yang secara karakter dan kepribadian layak mendapatkan nilai IPKM terbaik.

Dr. Erni Tri Astuti, M. Math selaku Direktur Politeknik Statistika STIS dalam sambutannya mewakili para sivitas akademika Politeknik Statistika STIS turut bangga atas pencapaian para lulusan yang luar biasa walaupun masih berada di tengah pandemi. Teknologi informasi dari sisi kegiatan akademik berperan sangat baik untuk kelangsungan belajar mengajar di tengah situasi pandemi. Dengan segala keterbatasan yang ada, mulai dari sinyal, kuota internet, komunikasi, dan akses terhadap berbagai referensi, para lulusan tetap berupaya untuk tetap mengikuti pembelajaran dengan baik, walaupun mungkin beberapa belum berlangsung secara optimal, ditambah lagi dengan proses bimbingan skripsi yang penuh tantangan dan drama terutama menjelang seminar dan sidang skripsi. Dalam sambutanya, beliau juga menyampaikan bahwa terasa ada kekosongan dan hilangnya  momen  serta suasana kampus yang ceria karena tidak adanya aktivitas mahasiswa di lingkungan kampus. Di akhir kesempatan, beliau menyampaikan agar para calon wisudawan nantinya tetap rendah hati dan selalu mengamalkan ilmu-ilmu untuk mengabdi pada negeri.

"Hari ini merupakan hari yang membahagiakan bagi hidup saya dan teman-teman, semua yang telah dilalui membuat kita mengerti arti sebuah perjuangan yang tentunya tidak dicapai dengan mudah.  Terdapat berbagai lika-liku dan drama, salah satunya dalam menyelesaikan tugas akhir secara daring. Ucapan terima kasih kami tujukan kepada semua pihak yang telah berjasa selama kami menempuh pendidikan di Politeknik Statistika STIS. Seperti pepatah kuno yang mengatakan bahwa ketika menikmati perjalanan akan terasa cepat sampai, bagi saya tiga tahun adalah waktu yang singkat karena saya menikmati semua perjalanannya,” ujar Ferdiansyah selaku perwakilan mahasiswa Program Diploma III Statistika.

"Hikmah yang bisa kita dapat dari segala proses yang telah kita hadapi adalah kita bisa dan pasti bisa melalui semua tantangan, dengan begitu kita harus membangkitkan semangat-semangat selanjutnya saat memasuki dunia kerja dan harus yakin bahwa kesuksesan selalui menyertai orang-orang yang pantang menyerah," ujar Iqbal Mukti Pratama selaku perwakilan mahasiswa Program Diploma IV.

Sukses untuk para calon wisudawan Politeknik Statistika STIS 2021!

(Nurul Adhilah Busmah_61)