Muhamad Raditya Danu Carita | Senin, 23 Januari 2023 17:57:08 WIB


Pencanangan Zona Integritas Politeknik Statistika STIS sukses dilaksanakan pada Senin (12/12). Acara yang bertempat di Auditorium Politeknik Statistika STIS ini diselenggarakan dalam rangka mengakselerasi pencapaian birokrasi yang bersih dari KKN dan akuntabel, efektif dan efisien, serta memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

Acara ini dihadiri Ir. Atqo Mardiyanto M.Si. (Sekretaris Utama BPS RI), Drs. Akhmad Jaelani M.Si. (Inspektur Utama BPS RI), Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Direktur Politeknik Statistika STIS, seluruh tamu undangan, dan civitas academica Politeknik Statistika STIS.

Acara dibuka oleh Nori Wilantika, S.S.T., M.T.I. selaku MC yang bertugas pada acara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Statistik. Direktur Politeknik Statistika STIS, Dr. Erni Tri Astuti M.Math., melaporkan bahwa pencapaian status Politeknik Statistika STIS pada tahun 2022 sudah mencapai nilai 72 sehingga memenuhi persyaratan dalam pencanangan zona integritas. Kegiatan pencanangan ini wajib dilakukan sebelum dapat melakukan penilaian menuju status wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani. Beliau juga melaporkan langkah-langkah yang akan dilakukan dan hasil nyata dari pelaksanaan kegiatan ini di lingkungan Politeknik Statistika STIS. Selain itu, beliau mengharapkan deklarasi pencanangan zona integritas ini bukanlah menjadi slogan semata, melainkan bukti nyata keseriusan dan komitmen dari seluruh civitas academica Politeknik Statistika STIS.

Di samping itu, Perwakilan Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, S.I.P., M.A.P., mengucapkan selamat kepada Politeknik Statistika STIS karena telah memasuki tahap awal dan memulai proses pencanangan zona integritas. "Pencanangan zona integritas itu harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Jadi, pencanangan zona integritas itu bukan kegiatan seremonial, juga bukan kegiatan administratif belaka," tuturnya. Beliau menekankan bahwa KPK bersama Ombudsman RI akan mengawasi dan melihat sejauh mana proses itu akan berjalan serta terus mendoakan kesuksesan menuju tujuan besar reformasi birokrasi bagi peningkatan pelayanan publik.

Tidak luput pula, Ir. Atqo Mardiyanto M.Si. selaku Sekretaris Utama BPS RI turut memberikan sambutan. Di dalam sambutannya, ada beberapa poin tentang langkah menuju zona integritas. Langkah tersebut yaitu komitmen pegawai dalam pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik serta terobosan inovasi pelayanan publik, seperti penggunaan teknologi yang memudahkan masyarakat.  Beliau berpendapat, "Satuan Kerja Politeknik Statistika STIS sudah jauh lebih baik daripada satuan kerja lainnya sehingga tidak ada alasan zona integritas ini tidak terlaksana dengan baik."

Kemudian, acara berlanjut pada pembacaan Ikrar Zona Integritas yang dipimpin oleh Dr. Erni Tri Astuti M.Math. Pembacaan dilakukan secara khidmat dan penuh tanggung jawab diikuti oleh seluruh dosen dan pegawai Politeknik Statistika STIS. Pencanangan zona integritas diakhiri dengan sesi penandatangan pakta integritas dan piagam pencanangan zona integritas oleh para pimpinan dan saksi. Politeknik Statistika STIS juga menyerahkan plakat kepada saksi-saksi dari luar BPS sebagai ungkapan terima kasih.

 

Photo by: Nurlaila

Article by: Muhamad Raditya Danu Carita