Humas Polstat STIS | Selasa, 13 Agustus 2024 15:21:18 WIB


Bertempat di Ruang Rapat Senat Politeknik Statistika STIS, telah dilaksanakan serah terima mahasiswa tugas belajar dari Republic Democratic Timor Leste (RDTL) kepada Politeknik Statistika STIS, Selasa (6/8). Momen ini merupakan bentuk kerjasama pendidikan antara Politeknik Statistika STIS dengan Kementerian Keuangan Timor Leste dan telah berlangsung sejak 2011. Pada tahun akademik 2023/2024 sebanyak 14 orang mahasiswa telah memulai menempuh pendidikan dan naik tingkat ke semester 3 selanjutnya pada tahun akademik 2024/2025 sebanyak 15 mahasiswa baru dinyatakan telah lolos seleksi dan akan mengikuti pembelajaran di Politeknik Statistika STIS selama empat tahun ke depan.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur Bidang Akademik, Prof. Setia Permana, Ph.D menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa terpilih. Setia juga mengenalkan program studi yang ada di Politeknik Statistika STIS dan rangkaian kegiatan yang akan dijalani seperti matrikulasi, PKKMB-PKBN, hingga jalannya perkuliahan yang akan dimulai bulan September mendatang. Lebih lanjut, Setia juga berharap akan lahir potensi baru di bidang statistik yang nantinya akan mengembangkan dunia perstatistikan di negara asalnya.

“Indonesia, khususnya Polstat STIS sebagai sekretariat Regional Hub Big Data and Data Science for Official Statictics untuk kawasan Asia Pasifik, dimana Timor Leste juga bagian dari itu, berharap kalian bisa menggali dan mengembangkan potensi statistik dan big data seperti halnya yang sudah pernah dilakukan kakak tingkat kalian” ujar Setia

Sementara itu, Dirjen Corporate Service Kementerian Keuangan RDTL, Joanico Pinto menyampaikan terima kasih atas sambutan dari Politeknik Statistika STIS. Ia juga menitipkan calon penerus di Kementerian Keuangan untuk belajar sungguh-sungguh di Politeknik Statistika STIS. Pinto juga menyampaikan bahwa para mahasiswa telah mengikuti kursus budaya Indonesia selama 3 bulan di Dili, termasuk mempelajari Bahasa Indonesia karena sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari para mahasiswa menggunakan Bahasa Portugis. Ia berpesan kepada para mahasiswa untuk selalu menjunjung tinggi budaya Timor yang mengajarkan untuk menghormati siapapun terlebih yang lebih tua.

“Malu bertanya sesat dijalan, untuk itu, jangan malu bertanya ketika kalian tidak tahu dan selesaikanlah kuliah secara tepat waktu”, imbuh Pinto. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita acara serah terima mahassiswa, penyerahan cenderamata, penyematan tanda mahasiswa, dan diakhiri dengan foto bersama.