Humas Polstat STIS | Selasa, 13 November 2018 09:59:30 WIB


Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 2018, Program Studi (Prodi) Statistika Program Diploma III (D-III) Politeknik Statistika STIS memperingatinya dengan menyelenggarakan kegiatan praktikum Ubinan di Kelompok Tani Jaya Mukti, Desa Sirnarasa, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini diikuti oleh 75 mahasiswa Tingkat 2 dan merupakan salah satu bagian dari implementasi mata kuliah Official Statistics Bidang Produksi yang didalamnya mempelajari Survei Ubinan Tanaman Pangan yang merupakan survei rutin yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setiap subround dengan tujuan utama memperoleh informasi mengenai produktivitas tanaman pangan (padi dan palawija). Subsektor tanaman pangan diketahui memiliki peranan yang sangat strategis karena berkaitan langsung dengan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Indonesia.

Penyelenggaraan kegiatan ini didampingi langsung oleh Direktur Politeknik Statistika (Polstat) STIS, Dr. Erni Tri Astuti, M.Math dan didukung penuh oleh Kepala BPS Kabupaten Bogor, Sarwono, M.M. beserta jajarannya. Dalam sambutannya, Direktur Polstat STIS menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari matakuliah Official Statistics bidang Produksi yang merupakan salah satu mata kuliah inti pada Prodi Statistika D-III yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Kegiatan praktikum ubinan merupakan program kerja rutin Prodi sebagai salah satu upaya peningkatan kapasitas mahasiswa, yang setelah lulus nanti diharapkan mampu menjadi manajer kegiatan statistik, pengolah dan penyaji data, analis data, dan petugas sensus/survei. Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari Kepala Desa Sinarasa dan mendukung penuh pelaksanaan praktikum ubinan di wilayahnya.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Kepala BPS Kab. Bogor menyampaikan bahwa kegiatan ini berguna bagi mahasiswa dalam mendapatkan gambaran sesungguhnya tentang bagaimana cara mengubin dengan teknik yang sesuai SOP untuk menghasilkan data produktivitas, yang kelak akan menjadi tugasnya setelah lulus nanti. Teori saja dianggap tidak cukup untuk menjadi bekal ketika bertugas di lapangan.

Dalam teknis pelaksanaannya, mahasiswa dibagi ke dalam sepuluh kelompok dimana masing-masing kelompok didampingi oleh seorang dosen pendamping dari Politeknik Statistika STIS, seorang KSK/Staf BPS Kabupaten Bogor, dan seorang petani. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mendapatkan informasi terkait kegiatan ubinan secara komprehensif dari sisi teori dan teknis pelaksanaan lapangan dengan segala kendala yang mungkin dihadapi dan bagaimana kiat-kiat untuk menanggulangi kendala tersebut.

Tidak ketinggalan, Kepala Seksi Pengolahan Statistik Tanaman Pangan BPS, Widyo Pura Buana, MMG., M.T., yang ikut mendampingi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini membantu BPS dalam melakukan investasi SDM yang siap menjalankan tugas di lapangan dalam rangka menghasilkan data yang lebih berkualitas. Mahasiswa dapat menerapkan teori ubinan secara langsung di lapangan sebagai bekal pengetahuan saat mereka bertugas kelak. Mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam memasang alat ubinan dan menimbang hasil ubinan secara benar serta memilih waktu pelaksanaan ubinan yang tepat agar gabah yang diubin adalah gabah kering panen (GKP) dengan kisaran kadar air 14-25%. Namun demikian, pengetahuan statistik pertanian, khususnya statistik tanaman pangan tidak hanya terkait dengan pengukuran produktivitas saja tetapi dengan ada juga metode baru Kerangka Sampel Area (KSA) dalam menghitung luas panen berbasis android dimana diperlukan juga pengetahuan mengenai tata cara pengamatan fase tumbuh padi. Beliau berharap Politeknik Statistika STIS juga dapat mengalokasikan waktu untuk praktikum metode KSA.

Mahasiswa terlihat sangat antusias dengan kegiatan praktikum ubinan ini karena dapat berinteraksi dengan KSK dan petani secara langsung. Destriana dari kelas 2D3-1 menyampaikan bahwa ia merasa sangat senang  mendapatkan pengalaman praktek ubinan secara langsung dari KSK, mengingat merakalah yang akan menjadi penerus KSK-KSK ini di masa depan.

Pada akhirnya, terima kasih yang sebesar-besarnya disampaikan kepada semua pihak yang mendukung kelancaran kegiatan ini diantaranya BPS Kabupaten Bogor, Subdirektorat Statistik Tanaman Pangan BPS, Kelompok Tani Jaya Mukti Desa Sinarasa Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor, Camat Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor, Kepala Desa dan Babinsa Desa Sinarasa Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor, Kepala UPT PTPH XIV Kabupaten Bogor, PPK Kecamatan Tanjung Sari, dan pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi banyak pihak, terutama bagi mahasiswa Prodi Statistika D-III PolStat STIS. (Sumber: Prodi DIII)

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/https://www.esg-integrate.com/slot-deposit-pulsa/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://es.ince.md/slot-gacor/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://ejournalsystem.net/public/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://leathercraftpro.com/slot777/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://revista.uic.mx/styles/togel-online/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/