Humas Polstat STIS | Kamis, 07 Oktober 2021 14:22:02 WIB


Sebagai salah satu rangkaian acara dalam memperingati Hari Statistik Nasional 2021, Politeknik Statistika STIS bekerja sama dengan Direktorat Analisis dan Pengembangan Statistik dan Biro Hubungan Masyarakat dan Hukum BPS kembali menggelar Seminar Nasional Official  Statistics melalui Zoom Meeting dan live stream Youtube pada Sabtu, 25 September 2021. Tema yang diangkat kali ini adalah “Big Data Practice in Public Sector”. Seminar yang diadakan setiap tahun ini menghadirkan satu keynote speaker dan empat pembicara lainnya yang ahli di bidang tata kelola big data dalam sektor publik.

Dr. Margo Yuwono, S.Si. selaku Kepala BPS RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa diperlukan kolaborasi yang kuat antara BPS bersama dengan kementerian/lembaga, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat luas dalam pemanfaatan big data sebagai alternatif sumber data baru. Selanjutnya, keynote speech disampaikan oleh Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. (Menteri Pertanian) yang dilanjutkan dengan pengumuman BPS Awards 2021 dan launching logo Sensus Pertanian 2023.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembahasan materi oleh pembicara pertama, Dr. Eng. Imam Machdi, M.T., mengenai “Big Data Governance in BPS”. Materi kedua membahas tentang “Cybersecurity Law” yang dipaparkan oleh Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. Pada pembahasan ketiga, Muhammad Ghifary, Ph.D. memaparkan tentang “Importance of Data and Analytics Governance in Enterprise”. Terakhir, seminar panel ditutup oleh pembahasan materi “Best Practice Tata Kelola Big Data di Sektor Publik” oleh  Sudarto S.E., M.B.A., Ph.D., serta tanya jawab.

Rangkaian acara berikutnya adalah seminar paralel, dimana terdapat 123 paper terpilih  yang terdiri atas 11 paper dengan topik “Official Statistics”, 94 paper dengan topik “Aplikasi Statistik”, dan 18 paper dengan topik “Sains Data”. Penghargaan diberikan kepada best presenter tiap ruangan dan 2 best paper dalam masing-masing topik. Paper terbaik akan dipublikasikan pada jurnal ilmiah “Jurnal Aplikasi Statistika dan Komputasi Statistik Sekolah Tinggi Ilmu Statistik yang terakreditasi SINTA 2. Berikut adalah nama peserta yang memperoleh penghargaan:

  1. Garinca Firgiana Santoso dan Siti Muchlisoh sebagai 1st Best Paper Official Statistics”
  2. M. Irfan Zulfahmi dan Achmad Prasetyo sebagai 2nd Best Paper Official Statistics”
  3. Moch Suryana, Weksi Budiaji, dan Setiawan Sariyoga sebagai 1st Best Paper “Aplikasi Statistik
  4. Bestari Archita Safitri, Atiek Iriany, dan Ni Wayan Surya Wardhani sebagai 2nd Best Paper “Aplikasi Statistik
  5. Hady Suryono, Arif Handoyo Marsuhandi, dan Setia Pramana sebagai 1st Best Paper “Sains Data
  6. Parma Dwi Widy Oktama sebagai 2nd Best Paper “Sains Data

Selamat untuk para pemenang. Sampai bertemu kembali di Seminar Nasional Official Statistics 2022!