Humas Polstat STIS | Rabu, 31 Oktober 2018 08:30:51 WIB


Dalam rangka pengembangan sistem informasi di institusinya, Tim Teknologi Informasi (TI) PKN STAN melakukan studi banding ke Politeknik Statistika (Polstat) STIS (30/10). Irwan Suliantoro, SE, MTI selaku ketua delegasi TI PKN STAN menyampaikan bahwa saat ini PKN STAN sedang berproses untuk membangun sistem informasi secara mandiri terutama dalam bidang perkuliahan dan unit pendukung lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko tidak terjaminnya kerahasiaan data institusi ketika pengembangan sistem informasi diserahkan kepada pihak ketiga.

Dr. Yunarso Anang Sulistiadi, M.Eng selaku Kepala Unit TI Polstat STIS menjelaskan beberapa sistem informasi seperti perkulihan, jurnal, perpustakaan, serta catatan prestasi dan pelanggaran mahasiswa, yang sebagian besar dikembangkan berdasarkan skripsi mahasiswa Komputasi Statistik Polstat STIS. Bambang Nurcahyo, MM (Kepala Bagian Administrasi Umum) Polstat STIS menambahkan bahwa sistem informasi pada awalnya dibangun untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks seperti rumitnya pengaturan jadwal perkuliahan ditengah semakin banyaknya jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun namun dengan keterbatasan ruang kelas yang ada. Beberapa pro kontra juga sempat dihadapi berkaitan dengan pengaplikasian sistem baru, yaitu aturan absensi bagi dosen dan mahasiswa dengan mekanisme handkey. Namun seiring berjalannya waktu serta pengembangan sistem yang dilakukan secara terus menerus, justru saat ini sistem informasi tersebut memberikan manfaat besar bagi seluruh civitas akademika.

Dalam kunjungannya tersebut, Tim TI PKN STAN juga menyempatkan diri untuk melihat secara langsung salah satu sistem informasi yang dikembangkan untuk perkuliahan, yaitu Sistem Informasi Terpadu (SIPADU). Sistem ini akan mengatur dan memperlihatkan kelas yang sedang melakukan perkuliahan pada suatu sesi dan dilengkapi dengan identitas mata kuliah, ruang kelas, serta dosen pengampu. Pengembangan demi pengembangan akan terus dilakukan guna mengintegrasikan semua unit yang ada di Polstat STIS. Suatu kebanggaan tersendiri ketiga inovasi mahasiswa Polstat STIS memberikan manfaat bagi institusinya dan menginspirasi institusi lain seperti PKN STAN.

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/https://www.esg-integrate.com/slot-deposit-pulsa/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://es.ince.md/slot-gacor/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://ejournalsystem.net/public/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://leathercraftpro.com/slot777/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://revista.uic.mx/styles/togel-online/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/