Humas Polstat STIS | Senin, 22 Agustus 2022 09:40:02 WIB


Setelah melewati tiga tahapan seleksi yang berat, para peserta yang lulus sukses menginjakkan kakinya di Politeknik Statistika STIS. Setibanya di Jakarta, mahasiswa baru diharuskan untuk melakukan verifikasi berkas dan selanjutnya mengikuti rangkaian kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dalam rangka Masa Pengenalan dan Pembentukan Karakter (PKBN-MP2K) tahun 2022. Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan ini berlangsung lancar dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Mengangkat tema besar “Mewujudkan Mahasiswa Adaptif untuk Menjadi Statistisi Berinisiatif dan Berjiwa Nasionalis”, rangkaian MP2K 2022 berlangsung selama empat hari, yaitu 12 s.d. 15 Agustus 2022, ditambah satu hari pelaksanaan Pra-MP2K pada 11 Agustus 2022. Dalam rangkaian MP2K ini, mahasiswa baru akan diberikan pembekalan yang mengacu pada enam indikator utama, yaitu etika dan kedisiplinan, kepemimpinan dan kerjasama, keterampilan, kreativitas, wawasan 4 pilar kebangsaan, dan wawasan Politeknik Statistika STIS serta BPS. Selain itu, mahasiswa baru akan diberikan kuis mengenai materi yang telah dipaparkan setiap harinya.

Pra-MP2K diisi oleh rangkaian kata sambutan dan perkenalan singkat. Dengan subtema “Bersama MP2K, Berakar dari Satu, Tumbuh dan Bersatu”, Dr. Sarni Maniar Berliana, SST., M.Si. selaku ketua pelaksana PKBN-MP2K 2022 berharap agar mahasiswa baru dapat menikmati rangkaian MP2K hingga beberapa hari ke depan. Tidak ketinggalan, pemaparan secara umum kegiatan PKBN-MP2K 2022 juga diberikan oleh Ketua Pelaksana Operasional, Gestyan Ramadhan. Video pengenalan civitas academica, media sosial dan situs web PKBN-MP2K, tata cara penggunaan situs web yang benar, serta lagu-lagu penting turut diberikan dengan harapan agar mahasiswa baru dapat mengenali kampus dan kegiatan MP2K lebih baik lagi.

Acara MP2K 2022 hari pertama mulai menyambut mahasiswa baru esok harinya. Kegiatan yang terlaksana pada Jumat (12/8) ini membawa subtema “Membentuk Mahasiswa yang Tangguh, Beretika, dan Berdedikasi”. Momentum apel pembukaan MP2K 2022 dihadiri oleh Dr. Hardius Usman, M.Si. selaku pembina apel. MP2K hari pertama ini diisi oleh pengenalan Politeknik Statistika STIS serta mitigasi bencana. Pengenalan program studi (prodi) dipaparkan oleh Dr. I Made Arcana, S.Si. (Ketua Prodi D-IV Statistika), Yunarso Anang, Ph.D. (Ketua Prodi D-IV Komputasi Statistik), dan Aisyah Fitri Yuniasih, SST., S.E., M.Si. (Sekretaris Prodi D-III Statistika). Kuliah umum selanjutnya menghadirkan Adi Setio Purno dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta (BPBD) Provinsi DKI Jakarta. Di hari yang sama, Ketua Unit Pembinaan Kemahasiswaan (UPK), Wahyudin S.Si., M.AP, MPP, memberikan pembekalan mengenai etika dan tata tertib mahasiswa. Wahyudin menjelaskan, kejujuran merupakan harga mati bagi seorang statistisi.

Keseruan kegiatan MP2K berlanjut pada hari kedua dengan pengenalan lingkungan kampus secara lebih komprehensif. Menghadirkan Nurseto Wisnumurti, S.Si., M.Stat. dan Ibnu Santoso, SST., M.T. sebagai pembicara, kuliah umum kali ini berisi Pengenalan Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dan Unit TI. Tidak sampai di situ, organisasi mahasiswa (ormawa) juga dikenalkan melalui pemutaran video dan secara langsung oleh Muhammad Iqbal Muharram sebagai ketua SEMA, Andi Alfitra Putra Fadila sebagai ketua DPM, Sishilia Marestha sebagai komandan SPD, dan Rahmat Agung Pasaribu sebagai komandan Menwa. Pengenalan lingkungan kampus secara lebih mendalam diberikan dengan adanya kegiatan campus tour. Bertajuk “Bangga Berkarya Tanpa Narkoba”, kuliah umum yang dibawakan oleh Koordinator Staf Ahli Badan Narkotika Nasional, Drs. Ahwil Lutan, S.H., MBA, M.M. ini menjadi penutup kuliah umum MP2K hari kedua.

Pada MP2K hari ketiga, rangkaian kegiatan semakin disambut secara antusias oleh mahasiswa baru. Kegiatan hari ketiga tersebut mengajak mahasiswa baru untuk menjadi tangguh secara mental di era digital seperti saat ini. Kuliah umum kali ini menghadirkan Muthmainah Mufidah, M.Psi., Psikolog yang memaparkan mengenai  kesehatan mental bagi mahasiswa dan Sigit PW Jarot, B.Eng, M.Eng, Ph.D. dengan pemaparannya mengenai bijak dalam bermedia sosial dan memilah informasi digital. Selain itu, mahasiswa baru diarahkan untuk mengikuti kegiatan kelas yang berisi diskusi panel dengan topik indikator pada Sustainable Development Goals (SDGs). 

Hari keempat pelaksanaan MP2K 2022 menjadi masa transisi menuju kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN). Bertajuk “Pengenalan Organisasi dan Core Value Badan Pusat Statistik (BPS)”, kuliah umum ini Menghadirkan Sekretaris Utama BPS, Ir. Atqo Mardiyanto M.Si., sebagai pembicara. “BPS merupakan instansi yang independen. Oleh karena itu, tanamkan dari sekarang untuk bersikap profesional,” tambahnya. Sesi tanya jawab disambut antusias oleh mahasiswa baru, terutama seputar Sensus Pertanian 2023 yang akan terlaksana sebentar lagi.

Apel pelepasan menjadi agenda penutup kegiatan hari keempat serta menjadi momentum pelepasan mahasiswa baru menuju lokasi PKBN di Pusat Pendidikan Jasmani TNI AD, Cimahi. Penyematan tanda peserta PKBN secara simbolis diberikan kepada perwakilan mahasiswa baru oleh Ir. Atqo Mardiyanto M.Si.

Empat hari pelaksanaan MP2K 2022 diharapkan mampu mewujudkan tema besar kegiatan ini. Menjadi pribadi yang mampu beradaptasi sangat penting dalam mengikuti perkembangan dunia yang begitu pesat. Mampu berinisiatif tidak kalah penting sebagai seorang statistisi untuk dapat memecahkan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat. Tidak lupa, jiwa nasionalis perlu ditanamkan dengan kuat sebagai calon aparatur sipil negara yang akan mengabdi kepada bangsa dan negara.