Humas Polstat STIS | Kamis, 01 Agustus 2024 08:23:56 WIB


Bertempat di Auditorium, Politeknik Statistika STIS melaksanakan prosesi Yudisium kepada 677 mahasiswa tingkat akhir program diploma IV angkatan 27 dan program diploma III angkatan 45 (30/07). Setelah menuntaskan segala proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas akhir, sebanyak 345 mahasiswa Program Diploma IV Statistika, 170 mahasiswa Program Diploma IV Komputasi Statistik, dan 162 mahasiswa Program Diploma III Statistika dinyatakan lulus dan akan diwisuda 31 Agustus 2024 mendatang.

Pada tahun akademik 2023/2024, dari 691 mahasiswa tingkat akhir, 677 orang  (97.97%) dinyatakan lulus dengan rata-rata IPK sebesar 3.60. Dari keseluruhan jumlah lulusan, sebanyak 102 mahasiswa DIV Statistika memperoleh predikat "cumlaude". Sementara terdapat 34 mahasiswa D4 Komputasi Statistik, dan 38 DIII Statistika yang memperoleh predikat serupa. Seluruh mata kuliah telah diajarkan dan diharapkan menjadi bekal para lulusan untuk menghadapi dunia kerja di BPS. Nantinya para lulusan akan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.) untuk prodi DIV dan Ahli Madya Terapan Statistika (A. Md. Stat) untuk prodi DIII.

Tak hanya dari sisi akademik, terdapat pula hasil penilaian dari sisi non akademik berupa pengalaman organisasi,  kepanitiaan,  dan prestasi selama menjalani perkuliahan baik di dalam maupun di luar kampus Politeknik Statistika STIS yang dirangkum dalam lima aspek, yaitu aspek kepemimpinan, aspek kompetensi individu, aspek jiwa sosial, aspek pengembangan minat dan bakat, serta aspek kedisiplinan. Penilaian telah dirancang sedemikian rupa, sehingga dari seluruh mahasiswa tingkat akhir terdapat tiga mahasiswa yang secara karakter dan kepribadian layak mendapatkan nilai IPKM terbaik.

Dr. Erni Tri Astuti, M. Math selaku Direktur Politeknik Statistika STIS dalam sambutannya mewakili para sivitas akademika Politeknik Statistika mengucapkan selamat dan memberi apresiasi yang tinggi kepada para lulusan  yang telah bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan pendidikan di Politeknik Statistika STIS. Lebih lanjut, ia juga memberi ucapan secara khusus kepada mahasiswa tugas belajar. “Tidak mudah bagi para mahasiswa Tugas Belajar sebagian besar sudah berstatus berkeluarga dan usia yang mungkin sudah tidak muda lagi, untuk dapat menyelesaikan perjuangan dan mengikuti kecepatan belajar dari teman-teman yang Ikatan Dinas. Akan tetapi  Saudara sudah menunjukkan effort dan tanggung jawab yang luar biasa dalam menyelesaikan pendidikan ini dan saya yakin para atasan yang sudah menugasbelajarkan Saudara akan menyambut kembali Saudara dengan rasa bangga dan tangan terbuka. Selamat kembali bertugas dan kembali pada keluarga. Mudah-mudahan apa yang saudara pelajari selama 4 tahun di kampus ini bisa membawa perubahan pada cara pandang dan etos kerja Saudara ke arah yang lebih baik lagi,” ucap Erni.

Lebih lanjut, Erni juga mengajak para mahasiswa memberi ucapan terima kasih kepada para dosen dan civitas akademik atas jasa dan bimbingan selama perkuliahan. “Saya mengajak para lulusan untuk memberikan applaus dan ucapan terima kasih pada para dosen dan juga tenaga kependidikan yang luar biasa, atas peran sertanya turut mendidik tidak hanya terbatas pada aspek akademik namun juga telah menjadi teladan bagi mahasiswa dalam hal etika, integritas, dan semangat untuk terus berkembang. Pengabdian Bapak, Ibu sekalian telah membentuk fondasi yang kokoh dalam menghasilkan generasi penerus tongkat estafet kepemimpinan BPS di masa mendatang. Mudah-mudahan semua upaya dan setiap tetesan keringat yang kita keluarkan dalam mendidik  putra putri terbaik bangsa, dapat menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus bagi kita di hari akhir nanti,” imbuh Erni.

Sukses untuk para calon wisudawan Politeknik Statistika STIS 2024!