Humas Polstat STIS | Minggu, 30 Mei 2021 20:39:28 WIB


Politeknik Statistika STIS melanjutkan rangkaian Webinar Series Statistika yang kedua pada Jumat (28/05). Tema “Menulis Statistik” diangkat dalam rangka menyambut Seminar Nasional Official Statistics 2021 dan The 1st International Conference on Data Science and Official Statistics (ICDSOS) 2021. Webinar secara daring melalui Zoom Meeting dan YouTube Politeknik Statistika STIS ini dimoderatori oleh Rini Rahani, SST, M.Stat dan menghadirkan tiga narasumber, yakni Siskarossa Ika Oktora, SST, M.Stat; Dr. Hardius Usman, M.Si; dan Dr. Waris Marsisno, M.Stat.   

Topik “Strategi Penyusunan Artikel Ilmiah untuk Publikasi bagi Penulis Pemula” yang disampaikan oleh Siskarossa Ika Oktora, SST, M.Stat, menjadi pembuka rangkaian webinar kali ini. Pemaparan diawali dengan pengenalan terhadap artikel ilmiah serta pentingnya mengetahui tujuan dari penulisan dan struktur artikel ilmiah. Introduction, Methods, Results, and Discussion merupakan bagian dari struktur artikel ilmiah yang biasa disingkat dengan IMRaD. Introduction merupakan bagian krusial dalam artikel ilmiah, yang memuat permasalahan dan tujuan penelitian. Narasumber juga memaparkan bahwa introduction menjadi salah satu komponen penting yang dipertimbangkan oleh reviewer untuk melihat seberapa menarik artikel tersebut. Selain introduction, struktur lainnya seperti methods, results, dan discussion juga harus diperhatikan. Tidak hanya itu, narasumber juga memaparkan mengenai persiapan yang bisa dilakukan sebelum melakukan proses submission artikel, cara menghadapi penolakan, serta sikap yang bisa diambil dalam menanggapi revisi dari sebuah jurnal. “Guna menghasilkan tulisan yang bagus, penulis hendaknya meningkatkan kemampuan literasi dengan banyak membaca literatur terkait dengan topik yang akan ditulis serta carilah literatur dari sumber-sumber yang menjamin bahwa tulisan tersebut telah di-review dengan baik”, ujar beliau dalam paparannya.

Pemaparan kedua dilanjutkan oleh Dr. Hardius Usman, M.Si, dengan topik “Menembus Jurnal Internasional Bereputasi dengan Statistik”. Di awal paparannya, narasumber menegaskan pentingnya mengetahui dan mengenal diri sendiri, apakah seorang statistisi atau bukan. Hal ini akan berhubungan dengan maksimalisasi tulisan yang akan dihasilkan. Menurut narasumber, statistik berbicara tentang sampling techniques, data collection methods, serta data analysis methods and techniques. Hal ini perlu diketahui karena masih banyak kesalahpahaman dalam memahami statistik. Tidak hanya itu, dalam penelitian penting untuk menentukan statistik sebagai objek atau sebagai alat bantu penelitian. Beliau juga memaparkan dan menjelaskan sejumlah jurnal bereputasi kepada para peserta. Di akhir, narasumber memberikan tips untuk mendapatkan novelty dengan cara membangun kerangka kerja dengan memanfaatkan variabel moderasi dan variabel mediasi.

Dr. Waris Marsisno, M.Stat, sebagai pembicara ketiga webinar series menyampaikan topik “Mengelola Referensi dengan Mendeley.” Pemaparan dibuka dengan mengulas pengertian dari sitasi dan referensi serta kegunaannya dalam penulisan. Narasumber memaparkan bahwa sitasi dan referensi ini penting untuk mengidentifikasi sumber-sumber tulisan, menyebarluaskan pengetahuan, menghindari penjiplakan, serta memberikan apresiasi kepada pemilik gagasan yang digunakan. Tidak hanya itu, pengelolaan referensi dengan Mendeley desktop turut dipaparkan dalam webinar series kali ini.

Antusiasme peserta yang hadir dalam webinar kali ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk melalui fitur chat Zoom Meeting serta kolom komentar YouTube serta banyaknya peserta yang hadir dari berbagai latar belakang yang berbeda.

(Siti Nur Wulan Sha Bana_61)

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/https://www.esg-integrate.com/slot-deposit-pulsa/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://es.ince.md/slot-gacor/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://ejournalsystem.net/public/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://leathercraftpro.com/slot777/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://revista.uic.mx/styles/togel-online/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/