Humas Polstat STIS | Selasa, 21 Maret 2023 21:15:34 WIB


Politeknik Statistika STIS kembali menggelar kuliah umum pada Kamis (16/3). Kuliah umum kali ini membahas mengenai ketahanan pangan nasional yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si., Dosen IPB University. Kuliah umum dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan dimulai pada pukul 13.00 hingga 15.30 WIB.

Kegiatan dibuka oleh Siskarossa Ika Oktora, S.S.T., M.Stat. dengan berdoa dan menyapa para peserta kuliah umum. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan, serta pemaparan materi yang dipimpin oleh Dr. Fitri Kartiasih, S.S.T., M.SE, M.Si. sebagai moderator. Pemaparan materi kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si. dengan topik pertamanya, yaitu mengenai masalah pangan yang menjadi perhatian masyarakat dunia, seperti naiknya harga pangan dan sulitnya pendistribusian pangan.

Tingkat ketahanan pangan Indonesia pun tak luput dari pembahasan Prof. Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si. Berdasarkan Global Food Security Index, penyediaan pangan secara cukup di Indonesia belum mampu menjamin bahwa kualitas hidup manusianya terjamin. Indonesia menempati peringkat 62 dari 113 negara dalam tingkat ketahanan pangannya pada tahun 2022. Meskipun demikian, terdapat proses perbaikan Pola Pangan Harapan (PPH) Indonesia tahun 2002−2022 yang menunjukkan tren positif. Nilai PPH juga berhubungan dengan data stunting dan kemiskinan.

Pada akhir pemaparan materi, Prof. Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si. mengatakan bahwa dengan membedah data Susenas, kita dapat mengetahui permasalahan pangan yang terjadi di Indonesia, salah satunya dengan mengetahui aksesibilitas bahan pangan ke seluruh lapisan masyarakat. Data yang baik akan menghasilkan perancangan pangan yang baik pula. Maka dari itu, sangat penting untuk membentuk perencanaan pangan yang berbasis PPH.

Seusai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Terdapat total tiga penanya yang berkontribusi dalam sesi ini. Setelah sesi tanya jawab, terdapat penayangan teaser Seminar Nasional (Semnas) 2023. Kemudian, kegiatan kuliah umum ditutup oleh Siskarossa Ika Oktora, S.S.T., M. Stat.

 

Photo by: Maharani Nur Halizah

Article by: Afina Zahrah Ananda Wibowo