Humas Polstat STIS | Selasa, 17 Agustus 2021 11:50:17 WIB


Setelah melalui rangkaian proses Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), Politeknik Statistika STIS menyelenggarakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 pada Senin (16/08) secara daring melalui Zoom Meeting yang dipandu oleh Siskarossa Ika Oktora, SST, M.Stat. Acara ini ditujukan sebagai forum silaturahmi antara mahasiswa baru Angkatan 63 bersama orang tua/wali dengan Direktur dan jajaran pejabat akademik serta pejabat struktural di lingkungan Politeknik Statistika STIS, sekaligus sebagai langkah awal untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus dan kegiatan perkuliahan yang akan ditempuh nantinya

Direktur Politeknik Statistika STIS, Dr. Erni Tri Astuti, M. Math., secara resmi menyambut mahasiswa baru sekaligus memaparkan gambaran umum penyelenggaraan pendidikan dan pelaksanaan perkuliahan di Politeknik Statistika STIS. Paparan yang disampaikan meliputi lokasi dan lingkungan kampus, sejarah pendirian, sistem pendidikan, struktur organisasi, program studi, sarana dan prasarana, kualitas input dan output mahasiswa yang diharapkan, serta karir mahasiswa setelah lulus dari Politeknik Statistika STIS. Beliau juga menyampaikan bahwa lulusan Politeknik Statistika STIS nantinya akan langsung menjadi pegawai negeri sipil di Badan Pusat Statistik (BPS) dan akan ditempatkan di BPS Provinsi serta BPS Kabupaten/Kota seluruh wilayah Indonesia.

Kedudukan Politeknik Statistika STIS sebagai perguruan tinggi kedinasan membuatnya tidak hanya mengedepankan aspek akademik tetapi juga aspek nonakademik seperti nilai karakter dan kedisiplinan mahasiswa. Dengan kata lain, selain faktor akademik, beberapa aspek nonakademik terkait karakter juga menjadi aspek yang diperhitungkan dalam evaluasi hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, disampaikan pula pentingnya ketaatan terhadap peraturan yang juga telah disetujui oleh mahasiswa dan orang tua/wali. Dalam kesempatan ini, beliau juga menyampaikan harapannya agar pelaksanaan kuliah tatap muka dapat kembali terwujud. Namun, kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung serta belum semua mahasiswa melakukan vaksinasi, maka pelaksanaan perkuliahan semester gasal masih akan dilakukan secara daring.

Selain diperkenalkan dengan lingkungan kampus dan suasana belajar, mahasiswa dan orang tua/wali juga diperkenalkan dengan pejabat akademik dan pejabat struktural yang juga sekaligus merupakan dosen yang akan sering berinteraksi dengan mahasiswa. Mahasiswa dan orang tua/wali juga mendapatkan gambaran capaian prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa Politeknik Statistika STIS dalam tiga tahun terakhir baik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi para mahaiswa baru untuk semangat berprestasi serta menyalurkan minat dan bakatnya melalui unit-unit kegiatan mahasiswa. Di akhir acara, Direktur Politeknik Statistika STIS juga berpesan agar para mahasiswa baru selalu bersemangat dalam belajar serta mengembangkan diri agar dapat menjalankan perkuliahan dengan lancar dan lulus tepat waktu. Beliau juga berharap agar orang tua/wali turut serta mengawasi putra putrinya dalam menjalani perkuliahan.

(Intan Putri Utami_62)