Humas Polstat STIS | Sabtu, 11 Juli 2020 16:58:12 WIB


Politeknik Statistika STIS menggelar Webinar Series Statistika tahap pertama yang dilaksanakan sebanyak empat seri dengan empat tema yang berbeda. Acara yang berlangsung dengan menggunakan platform Zoom dan Youtube ini bertujuan untuk meningkatkan literasi di bidang Statistika bagi semua kalangan baik akademisi, profesional, maupun umum.

Webinar Statistika Seri pertama dilaksanakan pada Rabu (10/6) dengan tema “Fundamental of Hypothesis Testing”. Pada seri pertama ini, menghadirkan Direktur Politeknik Statistika STIS sebagai narasumber (Dr. Erni Tri Astuti, M. Math) serta dimoderatori oleh Agung Priyo Utomo, S.Si, M.T. Konsep dasar pengujian hipotesis dan pengambilan keputusan dijelaskan secara runtun oleh narasumber. Penjelasan meliputi Nonstatistical Hypothesis Testing, Stastical Hypothesis Testing, pemodelan statistik, statistik inferensia, hingga Fungsi Kuasa Uji. Respon positif ditunjukkan peserta ketika narasumber menjelaskan materi secara detil dan mudah dipahami. Seri pertama ini mampu menarik lebih dari 10 ribu viewers.

Seri kedua Webinar Series Statistika mengangkat tema “Sampling and Survey Methodology” yang dilaksanakan pada Jumat (12/6). Tema seri kedua ini merupakan tema yang masih jarang ditemui pada acara seminar lainnya, terlebih sampling merupakan bagian penting dari kehidupan. Achmad Praseto, S.Si, M.M sebagai moderator menjelasakan contoh-contoh sampling dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian dibahas lebih lanjut oleh narasumber yaitu Dr. Azka Ubaidillah, M.Si. Narasumber menjelaskan dengan skema yang sederhana mulai dari pengertian dasar sampling, metode sampling, dan metode pengumpulan data. Selain itu, narasumber juga menjelaskan mengenai konsep-konsep dasar meliputi perbedaan akurasi, efesiensi, dan presisi. Ditambah dengan ilustrasi-ilustrasi yang diberikan oleh narasumber mengenai Big Data yang mudah dipahami dan mendapat banyak komentar positif dari peserta. Webinar seri kedua ini dinilai sangat tepat sasaran bagi para akademisi yang berlatar belakang statistik maupun non statistik.

Webinar Series Statistika kembali dilaksanakan pada Sabtu (20/6) dengan mengusung tema “Statistical Method (ANOVA, MANOVA)”. Seri ketiga ini menghadirkan Dr. I Made Arcana, M.Sc sebagai narasumber dan dipandu oleh Siskarossa Ika Oktora, SST, M.Stat. sebagai moderator. Narasumber menjelaskan mengenai ANOVA yaitu Analysis of Variance yang digunakan untuk melihat rasio antara variasi dalam kelompok maupun antarkelompok. Selanjutnya narasumber juga menjeslakan mengenai jenis-jenis ANOVA meliputi one-way ANOVA, two-way ANOVA, dan two-way ANOVA with Replication. Penjelasan lainnya yaitu mengenai hubungan antara ANOVA dan t-test. Narasumber menekankan bahwa keduanya memiliki fungsi yang sama, perbedaannya adalah jika lebih dari dua populasi yang digunakan maka lebih baik menggunakan ANOVA untuk menghindari kesalahan dalam pengujian. Narasumber membahas lebih lanjut perluasan dari ANOVA yaitu MANOVA (Multivariate ANOVA). Perbedaan keduannya terletak pada varaibel respon yang digunakan.

Seri keempat yang merupakan seri terakhir Webinar Series Statistik tahap pertama ini membahas mengenai “Fundamental of Time Series Data Analysis” pada Sabtu (27/6). Webinar ini menghadirkan Dr. Budiasih, B.St, M.E. sebagai narasumber dan dipandu oleh Anugerah Karta Monika, S.Si., M.E. Konsep dasar time series dijelaskan narasumber dengan detil dan mudah dipahami. Selain itu narasumber juga memaparkan mengenai berbagai metode analisis time series yang digunakan dalam berbagai penelitian seperti ARMA, ARIMA, ECM (Error Correction Mechanism), dan VAR (Vector Autoregressive). Webinar ini tidak hanya diikuti oleh peserta dalam negeri, namun juga mancanegara.

Dengan berakhirnya seri keempat maka berakhir pula Webinar Series Statistika tahap pertama. Melihat tingginya antusiasme peserta dan komentar positif selama penyelenggaraan Webinar Series Statistika, maka acara ini direncanakan akan digelar secara rutin mengingat banyaknya manfaat yang diterima peserta dengan berbagai latar belakang. (Dini_60).

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/https://www.esg-integrate.com/slot-deposit-pulsa/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://es.ince.md/slot-gacor/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://ejournalsystem.net/public/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://leathercraftpro.com/slot777/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://revista.uic.mx/styles/togel-online/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/