Humas Polstat STIS | Senin, 02 September 2024 08:57:11 WIB


Sabtu, 31 Agustus 2024, bertempat di Auditorium Politeknik Statistika STIS telah dilaksanakan Wisuda ke 62 Tahun 2024 lulusan Program Diploma III angkatan 45 dan Program Diploma IV angkatan 27 Politeknik Statistika STIS. Prosesi wisuda dibagi dalam dua sesi yaitu sesi 1 untuk Program Studi Statistika Program Diploma III  dan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV sedangkan sesi 2 untuk Program Studi Statistika Program Diploma IV. Bukan hanya dihadiri civitas academica dan orang tua/wali wisudawan, pada momen ini juga turut dihadiri Plt. Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia bersama para Pimpinan Tinggi Madya Badan Pusat Statistik, Wakil Ketua Himpunan Alumni Akademi Ilmu Statistika dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (HAISTIS), Kepala BPS RI periode sebelumnya, Ketua AIS/STIS periode sebelumnya, dan Pimpinan Perguruan Tinggi Kedinasan.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Statistika STIS, Dr. Erni Tri Astuti, M.Math melaporkan sebanyak 677 mahasiswa Politeknik Statistika STIS dinyatakan lulus dari 691 mahasiswa (97,97%). Jumlah tersebut terdiri atas 170 mahasiswa Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV, 345 mahasiswa Program Studi Statistika Program Diploma IV, dan 162 Program Studi Statistika Program Diploma III. Dari 677 lulusan, terdapat 3 mahasiswa dengan status tugas belajar.

Dalam kesempatan tersebut, Erni juga melaporkan tiga besar lulusan terbaik menurut Program Studi yang telah terpilih dari tiga aspek yaitu IPK tertinggi, memiliki predikat dengan pujian, dan dinyatakan kompeten pada ujian Lembaga Sertifikasi Profesi. Untuk Prodi Komputasi Statistik

  1. MARIA SHAWNA CINNAMON CLAIRE
  2. AHMAD FAQIH PRATAMA
  3. IMAM HADI SUSANTO

Prodi DIV Statistika

  1. ARYA CANDRA KUSUMA
  2. ASY-SYAJA'UL HAQQUL AMIN
  3. APRILIANI NUR ROHMAH

dan Prodi DIII Statsitka

  1. DICKI PRAYOGI
  2. KOMANG DIVA MAS NUGRAHA
  3. DHAFA NABILA ADILYAS dan SYARIFAH ANNISA ASSEGAF

Sementara itu, mahasiswa dengan Indek Prestasi Karakter Mahasiswa terbaik diraih oleh Fajar Malik Noor Ahmad dari Prodi DIII Statistika. "Selamat kami ucapkan kepada para mahasiswa, kalian telah menunjukkan hasil yang membanggakan di tengah keterbatasan yang ada karena sempat menjalani perkuliahan jarak jauh akibat Pandemi Covid-19," imbuh Erni.

Plt. Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Amalia Adininggar Widyasanti, Ph.D tak luput memberikan selamat kepada para mahasiswa. Ia berpesan agar para mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh sebagai bekal mengabdi di Badan Pusat Statistik. Lebih lanjut Amalia juga berpesan agar mampu beradaptasi di dunia kerja, selalu menghormati orang tua, dan mengikuti perkembangan zaman. "Masa depan BPS ada di pundak para generasi muda, termasuk para lulusan STIS yang hari ini wisuda," tutur Amalia.

Pada kesempatan wisuda ini, disampaikan pula orasi ilmiah Sekretaris Utama BPS RI, Dr. Eng Imam Machdi, M.T. Dalam orasinya, Imam menegaskan arti pentingnya data bagi pengambilan keputusan. Ia mengajak kolaborasi antar semua pihak untuk menghasilkan data yag akurat dan berkualitas. Lebih lanjut, Imam juga menyampaikan peran BPS dalam Regional Hubs on Big Data and Data Science,  di mana Indonesia menjadi salah satu pusat inovasi dan kolaborasi dalam pengembangan statistik berbasis big data dan data science.

Ucapan selamat melalui video dari Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anaz juga dikirimkan kepada wisudawan ke-62. “Selamat kepada para wisudawan, saudara sekalian adalah garda terdepan dalam menyediakan analisis yang akurat untuk kebijakan publik yang lebih baik” tutur Abdullah. Wisuda ke-62 Politeknik Statistika STIS ini tak hanya dianggap puncak dari proses studi yang panjang tetapi juga merupakan jembatan untuk mencapai dunia kerja dalam memajukan perstatistikan nasional. Selamat dan semangat untuk para wisudawan untuk mengabdi pada negeri!