Humas Polstat STIS | Rabu, 28 November 2018 17:10:28 WIB


Polstat STIS kembali mengukir prestasi setelah Apriliani Gustiana (mahasiswi Polstat STIS angkatan 56) bersama dengan Dr. Nasrudin (dosen Polstat STIS) berhasil meraih Juara III pada Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan (LKISSK) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI). LKISSK merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan BI sejak 2008 untuk mendorong masyarakat, khususnya kalangan akademisi, guna mendalami lebih jauh perkembangan sistem keuangan yang dikaitkan dengan kondisi perekonomian nasional.

 

Pada tahun 2018, LKISSK mengangkat tema “Kebijakan Makroprundesial dalam Perekonomian Nasional Menyambut Era Digital.” Tema besar tersebut selanjutnya dirinci menjadi beberapa sub tema, yaitu:

  1. Interaksi kebijakan: pengaruh kebijakan moneter dan fiskal terhadap stabilitas sistem keuangan
  2. Faktor yang mempengaruhi siklus keuangan dan siklus bisnis
  3. Perubahan risk taking behavior pelaku sistem keuangan
  4. Implementasi teknologi informasi dalam sistem keuangan (termasuk machine learning, big data, dan virtual-currency).

 

LKISSK 2018 berlangsung sejak 14 Maret hingga 7 September 2018. Tahapan penilaian terdiri dari seleksi administrasi, penyisihan, kemudian penjurian. Seleksi administrasi dilakukan oleh internal Bank Indonesia hingga terpilih 93 peserta. Selanjutnya 93 karya ilmiah dinilai secara blind review oleh dewan juri dari eksternal BI yang berasal dari 3 (tiga) perguruan tinggi di Indonesia serta dari internal BI. Dari 93 peserta lomba, terpilih 5 finalis yang mempresentasikan karya ilmiahnya di hadapan dewan juri eksternal pada tanggal 30 Oktober 2018. Dan selanjutnya pengumuman lomba dilaksanakan di Hotel JW. Marriott Medan, Sumatera Utara (31/10) bersamaan dengan penyelenggaraan kegiatan seminar riset stabilitas sistem keuangan 2018.

 

Selamat atas prestasi yang diraih!

 

(Sumber foto: Bank Indonesia)