Humas Polstat STIS | Sabtu, 14 Maret 2020 20:35:01 WIB


Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2020 telah digelar. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), Polstat STIS turut berkontribusi pada OPTK 2020 dengan mengirimkan total 99 atlet pada 18 cabang perlombaan yang diikuti. Berlangsung selama empat hari, terhitung sejak 5 Maret 2020, OPTK 2020 sukses digelar di Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug selaku tuan rumah. Meskipun terkendala persiapan yang kurang karena berbenturan dengan jadwal Ujian Tengah Semester (UTS), kontingen Polstat STIS mampu membuktikan kemampuannya dengan meraih peringkat enam. Total terdapat delapan medali yang berhasil dibawa pulang kontingen Polstat STIS, yakni lima medali emas dan tiga medali perunggu. OPTK 2020 diikuti oleh 2.500 peserta dari 31 PTK seluruh Indonesia. Pada Kamis (5/3), kontingen Polstat STIS melaksanakan Apel Pelepasan Kontingen di Auditorium Polstat STIS.

Selanjutnya, di hari yang sama, kontingen cabang olahraga silat kelas A Putra berlomba dan berhasil mengalahkan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yo-Ma) hingga masuk ke babak seperdelapan final. Di hari kedua pelaksanaan OPTK diselenggarakan Opening Ceremony OPTK 2020 yang dihadiri oleh perwakilan dari 31 kontingen PTK. Rangkaian acara tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Perhubungan. Selain Opening Ceremony, di hari kedua banyak cabang perlombaan yang dipertandingkan. Kontingen Polstat STIS bertanding di cabang Voli Putri, Voli Putra, Basket Putra, Silat, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Tenis Meja, Taekwondo, English Debate, Story Telling, dan Speech. Pertandingan berlangsung seru sekaligus menegangkan. Tidak sia-sia, kontingen Polstat STIS berhasil meraih medali emas pertamanya dari cabang perlombaan Taekwondo kelas Poomsae Tunggal Putri atas nama Aininda Rahma Mas.

Kontingen Polstat STIS panen medali pada hari ketiga OPTK dengan menambah tiga emas dan tiga perunggu. Pada hari ketiga, medali emas diraih oleh cabang Speech atas nama Billy Aufa Alfarisy, cabang E-Journal atas nama Ari Rismansyah, dan cabang Karate kelas +68 kg Putri atas nama Putri Dhinda Berliana. Sementara medali perunggu diraih oleh cabang Tenis Meja kelas Tunggal Putra atas nama Dwi Ardian, cabang Karate kelas Kata Tunggal Putri atas nama Putri Dhinda Berliana, dan cabang Catur kelas Tunggal Putra atas nama I Kadek Wijayantara. Cabang lain di hari ketiga ini yaitu: Silat, Futsal, LKTI, E-Journal, Scrabble, dan English Debate. Selain perlombaan, pada hari ketiga ini dilaksanakan ramah tamah pimpinan mahasiswa dari berbagai PTK. Polstat STIS diwakili oleh Alha Ahmada Belasae selaku Ketua Senat Mahasiswa periode 2019/2020. Di hari ketiga Polstat STIS sempat berada di urutan teratas pada klasemen perolehan medali sementara OPTK 2020.

Hari keempat sekaligus hari terakhir rangkaian OPTK 2020, menjadi hari yang sangat berkesan. Pada Minggu, 8 Maret 2020 dilaksanakan Closing Ceremony yang menjadi penutup perjalanan OPTK 2020. Pada hari terakhir ini, Polstat STIS masih menambah perolehan medalinya. Medali emas terakhir sekaligus menjadi medali penutup diraih oleh cabang Catur kelas beregu atas nama Novitra Saputra, Awkilla Bhakti Sitindaon, dan I Kadek Wijayantara.

OPTK 2020 menjadi OPTK yang berbeda dan spesial bagi Polstat STIS, karena di tahun ini, Polstat STIS berhasil meraih peringkat enam dan menjadi yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Peringkat I hingga V secara berurut adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip), Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN), PPI Curug, dan Politeknik Imigrasi (Poltekim). Prestasi baik yang diraih Polstat STIS pada OPTK 2020 ini, menjadi awal kebangkitan Polstat STIS dalam ajang OPTK, sehingga untuk tahun-tahun mendatang prestasi kontingen Polstat STIS dapat terus ditingkatkan.