Humas Polstat STIS | Jumat, 14 Desember 2018 11:05:20 WIB


Tim Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Polstat STIS yang terdiri dari Dr. Siti Muchlisoh, Budyanra, S.ST, M.Stat, dan Budi Yuniarto, S.ST, M.Si melakukan studi banding ke Satuan Penjaminan Mutu Universitas Padjadjaran (SPM Unpad) pada tanggal 10 Desember 2018. Kegiatan yang berlangsung di Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor ini dilakukan dalam rangka mempelajari banyak hal terkait proses dan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi, serta reakreditasi program studi (prodi) yang ada di Unpad. SPM Unpad dipilih sebagai tujuan studi banding karena mempunyai sistem penjaminan mutu yang sangat baik serta telah berhasil mengawal dan memandu proses akreditasi. Hal ini terbukti dari 117 program studi (prodi) di Unpad yang telah berhasil meraih akreditasi “A”, termasuk prodi Statistika baik program S1 dan S2 yang selalu meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pada kunjungan tersebut, Tim SPM Polstat STIS diterima dan disambut hangat oleh Yuyun Hidayat, Ph.D selaku Wakil Kepala SPM Unpad didampingi oleh Asep Sutiadi, M.Si, Yudi Norpin dan Iis Muslihat. SPM Unpad telah memiliki sistem penjaminan mutu yang terintegrasi secara online melalui Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT). Dengan sistem terintegrasi ini maka proses penjaminan mutu internal bisa dilakukan dengan baik dan terencana secara berkala. Selain itu, semua stakeholder yang terdiri dari Ketua Program Studi (Kaprodi), Ketua Unit Penelitian, serta Dekan dapat mengisi kelengkapan instrument penjaminan mutu secara mandiri dan online.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), SPM Unpad didukung oleh tenaga fungsional auditor, tenaga fungsional teknik kependidikan serta tenaga fungsional arsiparis. Khusus untuk kegiatan reakreditasi prodi, SPM Unpad juga dibantu oleh tenaga aksesor BAN-PT yang berasal dari Unpad. Semua proses akreditasi prodi termasuk pengisian borang dan instrument yang dibutuhkan selalu dikawal ketat oleh tim SPM dan para aksesor BAN-PT yang berasal dari Unpad. Hal ini dilakukan agar keseluruhan proses tersebut bisa berjalan dengan baik dan prosedural.

Terdapat beberapa catatan penting dari hasil kunjungan ke SPM Unpad, yakni perlu adanya komitmen bersama dari semua stakeholder di Polstat STIS akan Penjaminan Mutu Akademik maupun Non Akademik, perlunya pelatihan dan capacity buliding untuk anggota SPM serta stakeholder terkait dalam rangka proses reakreditasi prodi, serta dibangunnya suatu sistem online penjaminan mutu perguruan tinggi di Polstat STIS dalam waktu dekat. Yuyun Hidayat memberikan dukungan dan motivasi kepada Tim SPM Polstat STIS untuk tetap semangat dan memiliki komitmen tinggi di tengah keterbatasan yang dimiliki agar tugas-tugas SPM dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Kegiatan studi banding diakhiri dengan ramah tamah dan pemberian cendramata dari SPM Unpad kepada SPM Polstat STIS oleh Yuyun Hidayat, mewakili Kepala SPM yang berhalangan hadir. Pasca studi banding tersebut, SPM Polstat STIS diharapkan bisa segera melakukan langkah-langkah strategis terkait dengan tupoksi sebagai unit penjaminan mutu pendidikan tinggi di Politeknik Statistika STIS yang kita cintai ini . (Sumber : SPM)