Humas Polstat STIS | Senin, 03 Desember 2018 08:23:53 WIB


Berbeda dengan dua kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebelumnya yang mengangkat tema kemiskinan, PKL Tahun Akademik 2018/2019 difokuskan pada penelitian terkait pertanian dengan menggunakan metode Kerangka Sampel Area (KSA). Metode tersebut adalah metode baru yang diterapkan oleh BPS mulai tahun 2018 dalam rangka mengestimasi luas panen untuk menggantikan metode sebelumnya yang dirasa sudah tidak relevan lagi. Dengan demikian, Tim PKL Politeknik Statistika (Polstat) STIS perlu mengkaji lebih dalam mengenai sejarah KSA, tahapan survei berbasis KSA, hingga pelaporan hasil survei.

Dalam rangka persiapan tersebut, Tim PKL Polstat STIS melakukan pertemuan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) selaku pengembang metode KSA pada Kamis (29/11). Pertemuan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Senat Polstat STIS tersebut dihadiri oleh Tim KSA-BPPT yakni Ir. Heri Sadmono, M.Sc., Ir. Lena Sumargana, M.T., serta Ir. Swasetyo Yulianto. Tim tersebut memberikan penjelasan rinci tentang KSA kepada Tim PKL Polstat STIS yang terdiri dari perwakilan dosen dan mahasiswa.    

Heri Sadmono menjelaskan bahwa KSA telah melewati beberapa tahap pengembangan sejak awal 1990-an, mulai dari penggunaan satelit berbasis optic, radar, hingga akhirnya pengembangan KSA berbasis pengamatan titik. Lena Sumargana menambahkan bahwa roadmap uji implementasi KSA telah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Pada tahun 2015, uji coba dilakukan di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Garut yang menghasilkan estimasi luas panen hingga tingkat kecamatan. Selanjutnya pada tahun 2016 uji coba direncanakan akan diperluas dengan cakupan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat. Namun karena satu dan lain hal kegiatan tersebut batal dilaksanakan. Uji coba kembali dilanjutkan pada tahun 2017 dengan cakupan wilayah seluruh provinsi di Pulau Jawa kecuali Provinsi DKI Jakarta. Hingga akhirnya pada tahun 2018 berdasarkan surat resmi dari Kantor Staf Kepresidenan, KSA ditetapkan sebagai metode untuk mengukur luas panen yang berlaku nasional (diterapkan di seluruh povinsi di Indonesia). Selain itu Lena Sumargana juga menjelaskan teknis tahapan pelaksanaan survei luas panen dengan metode KSA, termasuk di dalamnya memperkenalkan fase tumbuh padi yang harus diidentifikasikan oleh para petugas lapangan. Pada paparan selanjutnya, Swasetyo Yulianto menjelaskan aplikasi dan teknis perekaman data bagi para petugas lapangan, prosedur pengiriman data, hingga penghitungan hasil pengamatan.    

Dengan pembekalan yang diberikan oleh Tim KSA-BPPT, diharapkan dapat menambah wawasan Tim PKL Polstat STIS hingga mampu mempersiapkan PKL dengan lebih matang. Selain itu, diharapkan PKL yang direncanakan akan diselenggarakan di Provinsi Bali ini tidak hanya sekedar mengaplikasikan teknik yang sudah diterapkan saja, namun mampu membuat terobosan baru untuk menghasilkan estimasi luas panen berbasis KSA yang lebih baik di masa depan.   

SMKN 2 Toma Kabupaten NIas Selatan Provinsi Sumate
31 Maret 2019

Yth. Admin Mhn pencerahan syarat pendafataran STIS, siswa/i kita sering bertanya di sekolah terutama siswa XII yang mau menamatkan Tahun Pelaajaran 2018/2019, serta diberikan kontak yang dapat dihbgi untuk kepastian tgl pendaftaran dan syarat-syaratnya. Atas pencerahan kami ucapkan terima kasih. hormat kami Ka. SMKN 2 Toma


SMKN 2 Toma
31 Maret 2019

Yth. Admin STIS Mhn pencerahan tgl berapa dibuka pendafataran bagi siswa kelas XII TP. 2018/2019 dan apa boleh diajukan oleh sekolah, Siswa/i kita berminat mendafat di STIS dengan harapan meberikan kami pencarahan dan syrat pendaftaran. T. Kasih Hormat Kami KA. SMKN 2 Toma


Ricky
06 Maret 2019

Cara daftarnya gimana Ya??


Sufyani
02 Februari 2019

Assalamualaikum kalau boleh tau kapan pendaftarannya dan syarat2nya apa buat daftar boleh minta kontaknya


Rolin nadeak
19 Januari 2019

Mohon Informasi pendaftaran mahasiswa Baru tahun 2019?


Noviliana Bana
09 Januari 2019

Kira2 kapan ya pembukaan pendaftaran bagi mahasiswa baru tahun 2019?


Novi Haliza
07 Januari 2019

Kapan waktu pendaftaran bagi siswa kelas XII SMA tamatan tahun 2019 ini?