Humas Polstat STIS | Jumat, 28 Juli 2023 20:03:49 WIB


Politeknik Statistika STIS sukses menggelar Webinar Series Statistika Tahun 2023 pada Jumat (28/7) dengan menghadirkan Nori Wilantika, S.S.T., M.T.I. dan Herman Saputra, S.S.T., M.T. sebagai narasumber. Webinar ini mengangkat topik “Transformasi Digital Pemerintah melalui Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)”. Webinar yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Politeknik Statistika STIS dipandu oleh Luthfi Rahmatuti Maghfiroh, S.S.T., M.T. selaku moderator.

Sesi pertama pada webinar ini disampaikan oleh Herman Saputra, S.S.T., M.T. yang memberikan pemaparan mengenai “Transformasi Digital Pemerintah Indonesia melalui Penerapan SPBE”. Pemaparan dibuka dengan penjelasan sejarah awal SPBE yakni INPRES No. 3 Tahun 2003 dan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018. Herman menuturkan bahwa kedua kebijakan tersebut memiliki bentuk yang kurang lebih sama, tetapi target yang berbeda. Adanya dua kebijakan tersebut mengakibatkan kementerian/lembaga/satuan kerja perangkat daerah/institusi lainnya (K/L/D/I) berlomba-lomba membangun aplikasi/sistem untuk menjadikan layanan mereka menjadi elektronik. Perbedaan targetnya terletak pada aplikasi/sistem yang telah terintegrasi pada penerapan kebijakan Perpres No. 95 Tahun 2018 yang berguna untuk meminimalisasi pengeluaran belanja TIK. Herman juga menjelaskan terkait pengertian, cakupan, dan inisiatif yang diterapkan oleh pemerintah terkait SPBE.

 

Pada sesi berikutnya, Nori Wilantika, S.S.T., M.T.I. menyampaikan pembahasan mengenai “Transformasi Digital dan SPBE dari Perspektif Penelitian Sistem Informasi”. Nori menuturkan bahwa transformasi digital dan SPBE ini penting untuk diteliti mengingat publikasi terkait transformasi digital mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir. Pemaparan dilanjutkan dengan membahas aspek transformasi digital pada Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020–2024. Tak hanya itu, Nori pun menyampaikan arah kebijakan transformasi digital nasional beserta dengan publikasi penelitian yang pernah dilakukan untuk memberikan gambaran terhadap peserta webinar. Pembahasan mengenai SPBE atau E-Government beserta dengan penelitian terkait komponen dan unsur SPBE juga disampaikan dalam webinar sesi kedua ini. Sebelum menutup sesinya, Nori menyampaikan bahwa memang benar sebagian besar publikasi yang ditampilkan membahas mengenai Management Information Systems dan Knowledge Management. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi berbagai pihak untuk berkolaborasi dengan berbagai bidang untuk mewujudkan SPBE yang lebih baik.

Webinar ditutup dengan sesi tanya jawab yang disambut secara antusias oleh para peserta. Webinar Series Statistika Tahun 2023 ini tak hanya diramaikan oleh peserta dari lingkungan BPS dan Politeknik Statistika STIS, tetapi juga dari kementerian dan lembaga lain.

 

Photo by: Mahira Fachrunnisa Lubis

Article by: Aghnia Amalia