Humas Polstat STIS | Senin, 22 Agustus 2022 09:48:17 WIB


PKBN-MP2K 2022 merupakan agenda yang bertujuan membangun kebersamaan, kekeluargaan, dan toleransi bagi mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS. Dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan budi pekerti Angkatan 64, kegiatan PKBN atau Pembinaan Kesadaran Bela Negara dilaksanakan di Pusdikjas Kodiklat TNI AD di Cimahi, Jawa Barat. Kegiatan berlangsung selama 4 hari, pada 16-19 Agustus 2022. 

 

Upacara pembukaan dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2022 oleh komandan Pusdikjas Kodiklatad Kolonel Inf Safrudin, SIP dan dihadiri oleh Dr. Titik Harsanti, M.Si. selaku perwakilan direktur dan Dr. Sarni Maniar Berliana, SST, M.Si. selaku ketua pelaksana bersama perwakilan dosen lainnya. Penyematan tanda peserta dilakukan kepada dua orang perwakilan mahasiswa baru dengan atribut pita merah yang wajib dikenakan selama pendidikan. 

 

Kegiatan yang dilakukan di Pusdikjas bervariatif, terdiri dari PBB, PBB tongkat, bela diri militer, mountainering, nilai-nilai dasar bela negara, tata upacara, keprotokolan, dan lain-lain. Tidak ada waktu luang yang tidak dimanfaatkan, mahasiswa baru menjalani berbagai kegiatan pembentukan karakter dengan efektif dan efisien. Pada hari kedua bertepatan dengan 17 Agustus yang merupakan ulang tahun Republik Indonesia, mahasiswa melaksanakan upacara kemerdekaan dipimpin oleh TNI AD yang bertugas. Tak lupa, terdapat renungan malam pada malam terakhir PKBN yang dilaksanakan dengan syahdu. 

 

Di akhir acara, penutupan sekaligus demonstrasi berlangsung meriah. Setelah acara resmi ditutup oleh Ir. Agus Purwoto, M.Si selaku wakil direktur bidang kemahasiswaan Politeknik Statistika STIS, selanjutnya mahasiswa mendemonstrasikan ilmu yang telah mereka pelajari di hari-hari sebelumnya. Diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, tak lupa juga para mahasiswa menyanyi dan menarikan lagu Angkatan 64 dengan atmosfer yang gembira. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama, makan siang, dan persiapan kembali ke kampus.