Humas Polstat STIS | Selasa, 13 November 2018 12:16:50 WIB


Hari Minggu (11/11), logo Politeknik Statistika (Polstat) STIS terpampang di layar besar Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga bersamaan dengan diumumkannya predikat Juara Umum pada perhelatan Statistika Ria 2018. Predikat tersebut diberikan setelah mahasiswa Polstat STIS meraih beberapa gelar juara pada kompetisi statistika tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika IPB ini.

Statistika Ria pada tahun 2018 ini merupakan Statistika Ria yang ke-13 dan terdiri dari beberapa ajang kompetisi diantaranya:

  1. Kompetisi Statistika Nasional (KSN), adalah salah satu kompetisi di Statistika Ria yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Kompetisi ini berlangsung selama tiga hari, terdiri dari babak penyisihan (online), perempat final, semi final, dan final. Kompetisi ini melatih para mahasiswa untuk memecahkan permasalahan statistika secara luas dan menganalis data dengan cermat sehingga dapat memberikan solusi yang tepat. Dalam kompetisi ini tidak hanya membutuhkan intelektualitas tinggi, tetapi juga dibutuhkan kecepatan, ketepatan, dan penyampaian yang lugas yang dapat dimengerti oleh masyarakat luas.
  2. Statistics Essay Competition (SEC), adalah salah satu kompetisi yang dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan kreativitas mahasiswa. Peserta harus menulis ide mereka dalam makalah ilmiah berdasarkan tema SEC. Mahasiswa perguruan tinggi dari universitas di kawasan Asia Tenggara dapat mengikuti kompetisi ini.
  3. Statistics Infographics Competition (SIC), dimana pada kompetisi yang dapat diikuti oleh semua mahasiswa di Asia Tenggara ini, peserta ditantang untuk mengubah informasi mengenai kasus-kasus yang sesuai dengan tema yang disediakan menjadi infografis yang menarik dan mudah dipahami.

Pada tahapan penyisihan online yang diikuti mahasiswa Polstat STIS, terdapat 10 mahasiswa pada kompetisi KSN, 1 pasang mahasiswa pada kompetisi SEC, dan 3 pasang mahasiswa pada kompetisi SIC yang berhasil lolos dan dapat mengikuti tahapan selanjutnya. Pada akhir tahapan kompetisi, berikut adalah hasil perolehan juara yang didapatkan Polstat STIS:

  1. Juara 2 SIC : Ahmad Rifky Farhan (4KS3) dan Vergita Lewin Handoko (4KS3)
  2. Juara Favorite SIC : Ahmad Rifky Farhan (4KS3) dan Vergita Lewin Handoko (4KS3)
  3. Juara 3 KSN : Novia Permatasari (3KS1)
  4. Juara Harapan 1 KSN : Eddy Junaedi (4SE3)

Sementara berdasarkan akumulasi nilai seluruh peserta setiap perguruan tinggi yang lolos dari babak penyisihan (bukan berdasarkan banyaknya perolehan medali), maka Predikat Juara Umum diberikan kepada Polstat STIS.

Selamat pada seluruh sivitas akademika Polstat STIS!